Sabtu, 24 Desember 2011

Foke: Jembatan Ambruk Tanggungjawab Pemborong

VIVAnews - Gubernur DKI Fauzi Bowo hari ini langsung mendatangi lokasi jembatan roboh yang berada di kawasan Cilincing, Jakarta Utara. Gubernur yang akrab disapa Foke itu menegaskan bahwa jembatan tersebut memang masih dalam pengerjaan.

Kedatangan Foke sekaligus membantah isu bahwa jembatan yang roboh itu jembatan yang sudah selesai dibangun. "Jembatan itu belum selesai dibangun, masih dalam pengerjaaan," kata Foke.

Hal itu disampaikan Foke saat mendatangi lokasi jembatan Ambruk di Cilincing Jakarta Utara, Minggu 11 Desember 2011. Foke menjelaskan, Dinas Pekerjaan Umum DKI telah meminta kepada pemborong untuk mengganti enam girder beton yang baru.

Enam buah balok girder atau beton jembatan roboh saat dipasang pada proyek pembangunan Jembatan Cilincing yang berada di Jalan Arteri Marunda Cilincing Jakarta Utara. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 02.00 WIB, Minggu 11 Desember 2011. 

Enam balok yang masing-masing panjangnya 30,8 meter, jatuh dari ketinggian 5,1 meter. Beruntung tidak ada korban jiwa. "Terjadi kesalahan pada proses pengerjaannya," ucap Foke. Menurut Foke, beton yang ambruk itu dibuat di pabrik lain yang mutunya sudah sesuai standard.

"Tanggungjawab sepenuhnya berada di pihak pemborong. Proyek itu belum diserahkan kepada pemerintah," ujar Foke.

Mengenai jangka waktu penyelesaian proyek itu, Foke yakin tidak akan molor dari jadwal. Foke optimistis jadwal pengerjaan proyek ini tetap seperti jadwal sebelumnya. "Kami akan sesuaikan dengan kontrak kerja," kata Foke. (ren)

Laporan: Arnes Ritonga, Jakarta Utara

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar