Jumat, 23 Desember 2011

Ganti Tahun, 40 Ribu Orang Bakal Padati Ancol

VIVAnews - Sedikitnya 40 ribu pengunjung akan akan memadati kawasan wisata Ancol Taman Impian, pada puncak perayaan malam pergantian tahun 2012. Mengantisipasi serbuan pengunjung, pengelola Ancol telah menyiapkan pengamanan, dan pengaturan lalu lintas.

Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, Budi Karya Sumadi mengatakan, sudah disiapkan empat pos polisi di kawasan Pembibitan, Backstage, Pantai Carnaval dan Pantai indah. Posko itu dilengkapi dengan empat anjing penghalau massa (K-9).

Kemudian dua unit ambulans dan 118 tenaga medis, empat perahu karet dan dua boat rescue yang disiagakan di dermaga Marina, Pantai Indah, Putri Duyung, Beach Pool, Dermaga One, dan Jimbaran Resto. Kamera pemantau juga ditempatkan di tiap pintu masuk dan keluar Ancol.

"Pengamanan malam pergantian tahun akan melibatkan aparat gabungan, seperti TNI, Polri, Satpol PP, dan kemanan dalam," ujar Budi.

Pada malam pergantian tahun, diperkirakan akan ada 45.000 mobil dan 14.000 motor yang memadati kawasan Ancol. Karena itu, pengaturan lalulintas juga akan dilakukan mulai dari ring luar, dan penempatan tiga unit mobil derek. Di Pasar Seni, Pantai Carnaval, dan Pantai Festival.

Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, akan terjadi penumpukan kendaraan di pintu gerbang utama Ancol. Potensi kemacetan di Beach Pool, dan penumpukan kendaraan di PGU Pantai Carnaval.

"Arus keluar pada pukul 03.00 WIB. Semua pintu keluar akan dibuka, termasuk PGU Timur dengan dua jalur keluar," ujar Budi.

Sedangkan pada 1 Januari 2012, arus masuk lalulintas ke Ancol akan mulai ramai pada pukul 09.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB.

"Untuk kemudahan dan kelancaran akses pengunjung, kami akan meminta Jasa Marga membuka semua pintu masuk tol, seperti pintu Kemayoran, Ancol Timur, maupun Ancol Barat sepanjang malam hinga pagi hari," jelasnya.  Laporan: Arnes Ritonga| Jakarta Utara (adi)

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar