Rabu, 28 Desember 2011

Ganti Tahun, Polisi Sebar Tim Anti Anarki

VIVAnews - Sejumlah tempat hiburan bakal dipadati warga Jakarta dan sekitarnya untuk merayakan malam pergantian tahun baru 2012. Berdasarkan catatan Polda Metro Jaya, salah satu tempat wisata yang akan dipenuhi warga adalah Taman Impian Jaya Ancol.

Sebanyak 200 ribu pengunjung diperkirakan akan memenuhi tempat tersebut. Kepala Biro Operasional Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Agung Budi Maryoto, mengatakan di kawasan Ancol sendiri, pihak pengelola akan mengadakan pesta kembang api dan beberapa acara lainnya.

"Diperkirakan jumlah yang akan datang segitu, Gubernur DKI Jakarta juga direncanakan akan memberikan sambutan dalam acara yang diselenggarakan pihak pengelola Ancol," ujar Agung di Jakarta, Kamis 29 Desember 2011.

Selain Ancol, pihaknya memprediksi Monas juga bakal diserbu sekitar 20 ribu pengunjung. Lokasi itu akan menyajikan pesta kembang api serta pengajian. Sedangkan Taman Mini Indonesia Indah bakal dihadiri oleh 50 ribu warga.

Untuk pengamanan, diterjunkan sekitar 5.889 personel yang terdiri dari Mabes Polri, Korps Brimob Polri, Tim helikopter, Polda dan jajaran, serta TNI yang bersifat on call berjumlah 90 orang.

Di luar jumlah tadi, ada bantuan dari Satpol PP sebanyak 1.500 personel dan Dishub 500 personel. "Petugas juga akan mengamankan beberapa Gereja besar di Jakarta, karena masih ada acara misa pada malam hari itu juga. Selain itu petugas juga akan ditempatkan di titik-titik tempat hiburan," kata Agung.

Ancaman kejahatannya, kata Agung, masih terkait dengan terorisme dan kejahatan jalanan. Mengantisipasi itu, Mabes Polri dan Polda menurunkan enam unit petugas penjinak bahan peledak dan 10 unit tim anti anarki untuk menghindari bentrokan antar kelompok. (umi)

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar