Selasa, 27 Desember 2011

Operasional Koridor XI Tak Sampai Pulogebang

VIVAnews - Siang ini, Rabu 28 Desember 2011, 21 bus gandeng di koridor XI TransJakarta jurusan Kampung Melayu – Pulogebang mulai dioperasikan.

Sebelum diresmikan, Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo menguji coba koridor sepanjang 11,76 Km ini terlebih dahulu. 

Bus rombongan Fauzi Bowo berangkat dari halte Stasiun Jatinegara 2 pukul 07.30 WIB, dan tiba di kantor Walikota Jakarta Timur pukul 08.00 WIB.

Berdasarkan pantauan, di sepanjang perjalanan terlihat prasarana jalan telah rampung. Tidak tampak petugas yang pada saat uji coba masih sibuk memasang separator. Spanduk bertuliskan peluncuran busway koridor XI dipasang di sepanjang jalur.

Bus berjalan dengan lancar dengan dikawal polisi. Selama perjalanan, bus tidak transit di halte, namun terus berjalan.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, mengatakan, nantinya bus akan beroperasi dari pukul 5.00-22.00 WIB.

Dia mengungkapkan, untuk sementara ini bus tidak berhenti di halte Pulogebang. Hanya sampai di halte Walikota Jakarta Timur. "Karena pembangunan Terminal Bus Pulogebang baru rampung akhir 2012, diperkirakan halte Pulogebang selesai Juni 2012," kata dia.

Pristono menjelaskan target daya angkut per hari oleh koridor ini 30 ribu penumpang. Dia berharap jika terminal Pulogebang sudah selesai, maka 50 ribu penumpang perhari dapat diangkut.

Jarak dari halte ke halte atau jembatan panjangnya bervariasi. Jalur paling panjang yaitu antara Halte Penggilingan menuju Halte Perumnas Klender yakni sepanjang 1,25 kilometer.

Halte-halte di Koridor XI ini juga tampak berbeda dengan koridor lainnya. Fasilitas halte tampak lebih lengkap. Seperti di Halte Walikota Jakarta Timur yang dilengkapi oleh toilet dan Musolah.

Selain itu, di dalam area halte juga tampak taman dengan kolam mini yang di dalamnya terdapat beberapa ikan hias. Loket pembayaran juga lebih luas.

Di halte Walikota Jaktim ini juga dilengkapi jalur untuk penumpang berkebutuhan khusus (tunanetra) yang ditandai dengan ubin berwarna kuning bertekstur. Sehingga memudahkan penumpang berkebutuhan khusus yang menikmati fasilitas TransJakarta.  (eh)

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar