Jumat, 30 Desember 2011

Pengalihan dan Penutupan Jalan di Monas

VIVAnews - Kemacetan diperkirakan akan terjadi di sejumlah kawasan jalan utama Jakarta pada malam pergantian tahun 2012. Polisi telah menyiapkan skema pengalihan lalu lintas di jalan utama seperti di Jalan Sudirman, Thamrin, dan Monas. Pengalihan kendaraan dilakukan bila kemacetan sudah tidak dapat dicairkan.

Bila pengalihan arus dilakukan, maka akan ada titik-titik lokasi penyekatan dan pengalihan arus lalu lintas di wilayah lain yang terhubung dengan dua akses jalan utama itu.

Sekitar Monas

Penyaringan arus kendaraan yang datang dari arah utara mulai dialihkan ke Jalan Merdeka Selatan. Sementara kendaraan dari Jalan Merdeka Selatan diputar arahkan kembali di depan gedung IRTI atau dialihkan ke Jalan Haji (samping gedung garuda) menuju Jalan Kebon Sirih atau bisa lurus ke Jalan Budi Kemuliaan ke arah utara Jalan Merdeka Barat.

Dari arah barat lampu merah Budi Kemuliaan akan dialihkan ke Jalan Abdul Muis dan diarahkan ke Jalan Tanah Abang II.

Sementara di lampu merah Harmoni, kendaraan dari arah selatan atau Jalan Majapahit berjalan seperti biasa. Tapi kendaraan dari arah barat atau Jalan Suryo Pranoto diarahkan belok kiri ke jalan Gajah Mada atau diluruskan ke Jalan H Juanda, tidak ada yang menuju ke lampu merah Oteva.

Kendaraan dari arah utara atau Jalan Hayam Wuruk diarahkan belok kiri ke Jalan H Juanda.

Pada kawasan Tugu Adipura, kendaraan dari selatan diarahkan belok kanan menuju Jalan Soetomo. Untuk kawasan pertigaan Jalan Perwira, kendaraan dari selatan Jalan Merdeka Timur diarahkan belok kanan menuju Perwira dan seterusnya.

Untuk Lampu merah Tugu Tani, kendaraan dari arah barat Jalan Kebon Sirih diluruskan ke Prapatan Kwitang. Dari Jalan Ridwan Rais diarahkan belok kiri ke Prapatan Kwitang, atau melingkar Tugu Tani ke arah selatan atau Jalan Menteng Raya.

Sementara kendaraan dari arah timur atau Prapatan Kwitang diarahkan belok kiri ke jalan Menteng Raya. Kendaraan dari arah selatan berjalan seperti biasa.

Di kawasan pertigaan Ridwan Rais, kendaraan diarahkan lurus menuju Jalan Merdeka Timur, tidak ada yang belok kiri menuju Jalan Merdeka Selatan. Dan di lampu merah Musium, arus dari Tanah Abang II menuju Jalan Abdul Muis diteruskan ke Jalan Majapahit. Dan dari Jalan Majapahit dan PL Harmoni dialihkan ke Jalan Juanda.

Sementara di sekitar Bundaran Hotel Indonesia (HI) dari selatan, mulai dilakukan penyekatan di Dukuh Atas, kendaraan diarahkan belok kiri melalui Landmark, Jalan Galunggung, Jalan Halimun dan seterusnya.

Kendaraan juga akan diarahkan belok kiri di Flyover Casablanca- Jalan Satrio- Kampung Melayu, dan di pertigaan Dharmala, kendaraan diarahkan belok kiri melalui Jalan Mas Mansyur.

Pada jalur lambat depan BNI 46, kendaraan diarahkan belok kiri menuju lampu merah Dukuh Bawah belok kiri menuju Tanah Abang atau belok menuju Manggarai. Sementara dari kawasan Kartika Plaza, kendaraan diarahkan belok kiri menuju Jalan Tanjung Karang, Jalan Kendal dan Jalan Latuharhari.

Kemudian kendaraan dari arah Barat, penutupan dilakukan di Jalan Kebon Kacang. Kendaraan yang telah berada di Jalan KH Mas Mansyur diarahkan lurus ke Tanah Abang atau ke arah Karet.

Di lampu merah Cokro, kendaraan dari arah selatan Jalan Rasuna Said diarahkan belok kanan menuju Jalan Imam Bonjol - Jalan Diponegoro.
Dan untuk kendaraan dari arah timur dari Taman Suropati diarahkan belok kiri ke Jalan Rasuna Said-lampu merah Kuningan.

Sementara kendaraan dari arah utara diluruskan ke Jalan Rasuna Said- lampu merah Kuningan, atau belok kiri ke Jalan Imam Bonjol - Jalan Diponegoro. Tidak ada yang mengarah bundaran HI.

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar