Senin, 26 Desember 2011

Pengurusan Kir Gunakan Sistem Drive Thru

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, meresmikan pengoperasian loket pelayanan drive thru pusat pengujian kendaraan bermotor yang pertama di Indonesia, di Ujung Menteng, Jakarta Timur, Senin 19 Desember 2011.

Loket pelayanan drive thru ini, kata Fauzi Bowo, dibangun guna memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada masyarakat pengguna jasa pengujian kendaraan bermotor dalam pengurusan keur atau kir kendaraannya.

Menurutnya, dengan sistem ini pendaftaran pembayaran retribusi dapat dilakukan langsung tanpa turun dari kendaraan.

"Pemilik kendaraan dapat langsung menuju jalur mekanis untuk melakukan pengujian," ujar Fauzi.

Dia menambahkan selama ini, pelayanan pengujian kendaraan bermotor atau yang sering disebut keur kendaraan identik dengan banyaknya calo yang berkeliaran untuk mempermudah proses dengan biaya mahal.

"Karena itu Pemprov berupaya menanggulangi permasalah tersebut dengan penerapan sistem yang dilaksanakan secara bertahap," kata dia.

Untuk menghindari praktik percaloan, dia mengatakan, yaitu dengan menggabungkan loket menjadi satu ruangan pelayanan pengurusan administrasi.

Buku uji diambil petugas saat kendaraan sedang diuji dan diganti dengan nomor antrean sehingga pemilik kendaraan hanya membawa nomor antre.

"Yang terakhir adalah loket pembayaran didekatkan dengan jalur antrean kendaraan. Sehingga setelah masuk pengujian, pemilik kendaraan dapat langsung menyelesaikan proses administrasi," ucapnya.

Fauzi berharap diterapkannya pelayanan ini dapat memutus mata rantai hubungan pemilik kendaraan dengan calo-calo yang menawarkan jasa pengujian kendaraan.

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar