Senin, 02 Januari 2012

DKI: Hanya 18 PNS Tidak Masuk Kerja

VIVAnews - Usai perayaan pergantian tahun 2012, sebanyak 18 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta tidak masuk kerja. Sejumlah pegawai itu ada yang sakit, izin, cuti, dan tidak ada keterangan atau bolos.

Menurut data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, jumlah keseluruhan PNS di Jakarta adalah 80.009 orang. Sebanyak 38.414 adalah PNS guru, sehingga PNS yang masuk pada hari ini berjumlah 41.595 pegawai.

"Sesuai dengan kalender akademik, untuk guru saat ini libur sekolah," kata Sekretaris BKD DKI Jakarta, Budi Sulistiono, saat ditemui di kantornya, Jakarta, Senin, 2 Januari 2012.

Budi menambahkan, kehadiran pegawai, jika dikurangi dengan guru mencapai 98,7 persen. "Kami tidak ada cuti bersama untuk tahun baru," ujar dia.

Tapi, dari pantauan VIVAnews.com, situasi lingkungan kantor Balaikota DKI Jakarta tampak sepi jika dibandingkan hari biasa. Tidak terlihat aktivitas pegawai yang biasanya selalu berlalu-lalang di area itu.

Budi berharap agar sistem absensi pegawai menggunakan sistem realtime. Mengingat sistem web yang digunakan untuk absen saat ini sering mengalami gangguan.

"Sekarang berbasis web. Kendala di unit karena merekam masih menggunakan internet yang mungkin mengalami gangguan. Karena hanya ada satu server," katanya.

Sementara itu, Budi mengaku tingkat PNS yang membolos tahun ini jauh lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Untuk memberikan efek jera kepada pegawai yang sering mangkir, pihaknya memberikan reward dan punishment.

"Mereka akan mendapatkan TKD (Tunjangan Kinerja Daerah) jika rajin. Sementara itu, punishment yang diberikan, TKD mereka akan dipotong," kata dia. (art)

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar