Sabtu, 18 Februari 2012

DKI Akan Tambah Rute Feeder TransJakarta

VIVAnews - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta berencana menambah sejumlah rute baru feeder (penghubung) bus TransJakarta di tahun ini. Penambahan diharapkan dapat meningkatkan jumlah penumpang Transjakarta, sehingga mengurangi pengguna kendaraan pribadi.

Kepala Dishub DKI Jakarta, Udar Pristono, belum dapat memastikan kapan waktu persisnya. Namun Dishub sudah menyiapkan sejumlah rute, antara lain Kebayoran Lama-Ratu Plaza dan Kelapa Gading-Muara Angke. "Kami terus menganalisanya. Karena kantong penumpang terus berpindah-pindah," ujarnya di Jakarta, Jumat 17 Februari 2012.

Adapun tiga rute feeder yang telah beroperasi, yakni rute 1 (Sentra Primer Barat-Daan Mogot), rute 2 (Tanahabang-Balaikota) dan rute 3 (SCBD-Senayan).

Ketiga rute itu terintegrasi dengan beberapa koridor bus Transjakarta seperti, koridor III jurusan Kalideres-Harmoni, koridor VIII jurusan Lebakbulus-Harmoni, dan koridor I jurusan Blok M-Kota.

Namun, karena minimnya penumpang, satu dari tiga rute telah diperpanjang. Rute 2 yang sedianya hanya sampai di halte Jatibaru, diperpanjang  hingga Stasiun Tanah Abang dan Pasar Tanah Abang.

Begitupun sebaliknya, angkutan ini tidak hanya sampai di Balaikota saja melainkan juga berhenti di Stasiun Gambir dan Tugu Tani. "Rute dua diperpanjang mulai Senin esok. Yang lain masih terus dievaluasi dan dianalisis," ucap dia.

Dengan perpanjangan tersebut, maka penumpang KRL yang turun di Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Gambir dapat langsung meneruskan perjalanan menggunakan TransJakarta. Ini lebih praktis dan efisien. (adi)

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar