Selasa, 28 Februari 2012

Empat Penyebab Kecelakaan Maut di Puncak

VIVAnews - Mabes Polri menduga ada empat faktor utama penyebab kecelakaan maut bus Karunia Bhakti di kawasan Jalan Raya Puncak, Bogor, Jawa Barat, Jumat 10 Februari 2012. Faktor terbesar, kerusakan pada sistem rem.

Ketua Tim Analisis Kecelakaan Lalu Lintas Mabes Polri AKP Edwin menjelaskan, Sabtu 11 Februari 2012, keempat faktor itu adalah kondisi kendaraan, jalan,  pengemudi, dan lingkungan. "Masalah kendaraan, di sini terlihat sekali bentuk-bentuk dari bekas rem kendaraan yang tidak mutlak. Artinya, kendaraan ini tidak mengerem dengan bagus," kata Edwin.

Kedua, faktor jalan yang menurun. Kemiringan jalan sekitar lima derajat. "Ini menyebabkan kendaraan tersebut melaju tanpa ada rem yang bagus."

Dalam kasus ini, kepolisian juga menambah faktor cuaca yang saat itu sedang hujan sehingga membuat jalan tambah licin. Sedangkan faktor pengemudi, kepolisian mengaitkan dengan konsentrasi sopir dan tata cara mengemudi kendaraan bus. "Faktor terakhir, kebetulan lingkungan saat itu dalam kondisi ramai. Ini menimbulkan korban jiwa yang banyak," kata dia.

Hasil penyelidikan ini kemudian akan disambungkan dengan bentuk-bentuk kerusakan kendaraan dan toko-toko yang diseruduk bus itu. "Sehingga kami dapat analisis lebih lanjut dan bisa mengambil kesimpulan mengapa terjaid kecelakaan. Ini mencegah kejadian serupa ke depan."

 

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar