Selasa, 07 Februari 2012

Korban Kebakaran Lautze Tinggal di Tenda

VIVAnews - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyiapkan tenda pengungsi untuk menampung 1.271 jiwa yang kehilangan tempat tinggal akibat kebakaran hebat Jalan Lautze Selasa sore, 7 Februari 2012.

Diketahui, akibat si jago merah yang mengamuk di belakang pasar baru, Jakarta Pusat tersebut, sekitar 394 rumah terbakar habis dilalap. Rumah yang dilalap itu terletak di delapan RT yang terletak di dua RW, tepatnya di RT 11-16,RW 07 dan RT 02-03,RW 06 kelurahan Kartini dan kelurahan Pasar Baru, kecamatan Sawah Besar Jakarta Pusat.

Kepala BPBD DKI Jakarta, Arfan Arkili menjelaskan bahwa api diduga dari konsleting listrik atau kompor yang berasal dari rumah kost sekitar pukul 15.00 WIB. Api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 19.00 WIB dengan mengerahkan 38 unit mobil pemadam kebakaran.

"Sekitar delapan orang mengalami luka-luka, satu orang tangan kirinya sobek dibawa ke rumah sakit Husada dan tujuh orang dibawa ke dinas kesehatan," katanya kepada VIVAnews, Selasa 7 Februari 2012.

Ia menuturkan, BPBD DKI Jakarta saat ini sedang melakukan pendataan kerugian, namun diperkirakan 394 rumah terbakar dan 1.271 jiwa terpaksa mengungsi ke tenda pengungsian yang disediakan BPBD dan dibantu Kodim Jakarta Pusat.

Selain itu, ada juga beberapa warga yang mengungsi ke ruko-ruko terdekat dan rumah kerabatnya. "Tenda pengungsi dari Kodim di SD 02 pasar baru, masjid, dan rumah dinas lurah setempat. Warga dibantu oleh Koramil saat ini sedang mengamankan barang-barang yang tidak terbakar," kata Arfan.

Ia menambahkan, Dinas Sosial DKI Jakarta juga telah mendirikan dua dapur umum lapangan untuk menyediakan makanan bagi pengungsi, sedangkan petugas PMI juga telah berada di lapangan untuk memeriksa kesehatan korban kebakaran.

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar