Minggu, 12 Februari 2012

Polisi Segera Tindak Penyalahgunaan Trotoar

VIVAnews - Trotoar akses pokok bagi pejalan kaki. Namun, kondisi banyak trotoar di Jakarta sudah sangat memprihatinkan. Selain rusak, banyak jalur itu sudah disalahgunakan.

Sebagian besar trotoar dipenuhi oleh pedagang kali lima. Tidak sedikit pula yang menjadikannya lokasi parkir motor karena tidak kedapatan parkir di tempat yang telah disediakan.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Dwi Sigit Nurmantyas, berjanji akan menindak tegas siapa saja yang menyalahgunakan trotoar .

"Kami akan menindaknya karena sudah menyalahi aturan," ujar Sigit Nurmantyas, Senin 13 Februari 2012. Menurut dia, dalam waktu dekat ini Polda akan menertibkan penggunaan trotoar.

Sigit menjelaskan, dalam pembersihan ini, polisi melibatkan Dinas Perhubungan dan Satpol PP. Fokusnya ada dua yakni pembersihan dari parkir liar dan pedagang kaki lima.

"Targetnya seluruh trotor yang ada di Jakarta, tapi sementara difokuskan trotoar yang berada di jalan-jalan yang menyebabkan kemacetan," kata Sigit.

Berdasarkan catatan polda, banyak trotoar di Jakarta yang tidak layak karena digunakan oleh kepentingan pribadi. Selain itu, ada juga pengendara sepeda motor yang menggunakan trotoar sebagai jalur alternatif menghindari kemacetan.

Dihubungi terpisah, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Riza Hashim menegaskan, sasaran utama penertiban trotoar yakni di jalur yang paling macet dikarenakan banyaknya pedagang yang menjualkan barang dagangannya di tempat khusus pejalan kaki tersebut.

"Satpol PP kami harapkan mampu untuk menertibkan dan juga membantu dalam pelaksaan ini," kata Riza. (ren)

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar