Rabu, 14 Maret 2012

Akhir Maret, Jakarta Akan Gelap Gulita

VIVAnews - Seluruh pelosok kota Jakarta akan gelap gulita pada Sabtu, 31 Maret 2012 mendatang. Selama satu jam, listrik akan dimatikan sejak pukul 20.30 hingga 21.30.

Ini merupakan bagian dari kampanye hemat energi listrik melalui Earth Hour 2012. Untuk keempat kalinya, Jakarta akan menjadi bagian dari lebih 1,8 miliar penduduk di 5.000 kota dan 153 negara di dunia yang berpartisipasi dalam peringatan Earth Hour. Rencananya puncak perayaan Earth Hour di Jakarta akan dipusatkan di Central Park Mall, Jakarta Barat.

Direktur Iklim dan Energi World Wild Fund (WWF) Indonesia, Nyoman Iswarayoga, mengatakan untuk tahun ini, Kampanye Earth Hour 2012 akan diikuti sebanyak 22 kota di seluruh provinsi di Indonesia. Jumlah ini mengalami peningkatan tajam dibandingkan tahun lalu yang hanya diikuti secara resmi oleh lima kota di Pulau Jawa.

“Jumlah ini merupakan loncatan yang sangat jauh bila dibandingkan tahun lalu. Yang istimewa, tahun ini kota Banda Aceh akan mengikuti Earth Hour 2012. Hanya saja, waktu pelaksanaannya berbeda setengah jam. Kota Banda Aceh akan mulai dari pukul 21.00 hingga 22.00. Karena harus melaksanakan sholat isya terlebih dahulu,” kata Nyoman di Jakarta, Kamis, 15 Maret 2012.

Jika pada 2011 lalu, kegiatan puncak Earth Hour dilaksanakan di halaman Balaikota, Nyoman menuturkan pada 2012 ini, puncak pelaksanaan Earth Hour dilaksanakan di Central Park Mall. Alasannya, pihaknya ingin 'menjemput bola' terhadap masyarakat Jakarta untuk menjadikan kegiatan hemat energi sebagai pola hidup dalam menjaga lingkungan.

“Kalau di halaman Balaikota DKI tahun lalu, belum bisa menyentuh masyarakat langsung," ucap Nyoman. "Kita harus mengadakan di tempat yang menjadi pusat masyarakat bebas berkumpul."

Tidak hanya itu, bagi masyarakat yang terlalu jauh menuju ke Central Park Mall, WWF-Indonesia juga akan mengadakan kegiatan Earth Hour 2012 di Bunderan Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat. Di sana akan kumpul berbagai macam komunitas lingkungan dengan berbagai atraksi hiburan yang menarik.

“Jadi akan ada dua konsentrasi massa di dua lokasi tersebut. Hanya saja, pembukaan kegiatan Earth Hour 2012 akan dibuka Gubernur DKI Jakarta di Central Park Mall,” ungkapnya.

Selain itu, dia mengatakan, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo terpilih kembali menjadi Duta Earth Hour 2012. Karena, peranannya sangat penting dalam mensosialisasikan kampanye penghematan listrik dan energi guna penyelamatkan lingkungan dan global warming.

Pada 2011, kegiatan Earth Hour dengan mematikan listrik selama satu jam dari pukul 20.30-21.30 ternyata memiliki dampak signifikan dalam menghemat energi listrik. Terbukti dengan pemadaman satu jam saja, Jakarta mampu menyelamatkan energi listrik hingga 170 megawatt (MW).

Jumlah penghematan ini meningkat dari tahun 2010 yang hanya mencapai 80 MW, dan 2009 yang hanya bisa menghemat 50 MW. Bahkan, untuk kawasan Jawa-Bali yang pada 2010 hemat 120 MW, dalam kegiatan Earth Hour tahun ini angka penghematannya meningkat hingga 600 MW. (eh)

 

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar