Jumat, 16 Maret 2012

"Banyak Premanisme Terselubung di Jakarta"

VIVAnews - Bakal calon gubernur DKI dari jalur independen Hendardji Supandji mengkritisi masalah premanisme di Jakarta. Menurut Hendardji masih banyak tindak premanisme tersembunyi dan perlu ditindaklanjuti di ibukota.

"Premanisme itu seperti teori gunung es. Yang di atas permukaan sedikit, yang di bawah permukaan itu banyak sehingga yang di bawah permukaan pun harus digarap, jangan sampai muncul di permukaan, lewat tindakan 'pre-emptive dan preventif'," kata Hendardji Supandji di Kantor KPU DKI, Jakarta, Jumat, 16 Maret 2012.  

Menurut Hendardji, preman-preman yang mengelola sebagian tata kota Jakarta itu harus ditindak jika sudah melanggar hukum.   

"Tindakan represif itu dilakukan hanya kalau ada pelanggaran hukum. Sepanjang belum ada pelanggaran, kita dekati dengan aspek kemanusiaan. Karena mereka juga manusia. Mereka perlu hidup," ujarnya.  

Pada Pemilukada DKI Jakarta 2012, Hendardji Supandji menggandeng Ahmad Riza Patria sebagai bakal calon wakil gubernur. Dalam tahap verifikasi faktual tahap satu, sebanyak 205.218 dari 597.719 dukungan untuk pasangan Hendardji-Riza Patria dinyatakan tidak memenuhi syarat oleh KPU DKI.  

Oleh karena itu, pasangan tersebut membutuhkan 14.839 dukungan tambahan untuk mencapai jumlah dukungan minimum agar dapat lolos pencalonan sebanyak 407.340 dukungan.

Pasangan bakal calon gubernur independen harus menyerahkan tambahan dukungan untuk perbaikan pada 26 Maret-9 April mendatang.  

Pasangan independen hanya boleh menyerahkan tambahan dukungan maksimal dua kali jumlah kekurangan. Proses verifikasi faktual tahap dua akan dilaksanakan oleh KPU Provinsi dengan dibantu KPU Kota, Panitia Pemilihan Kecamatan, dan Panitia Pemungutan Suara pada 24 April-7 Mei 2012.  

Hingga hari keempat dibukanya pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur di KPU DKI, baru ada dua pasangan bakal calon yang mendaftar. Keduanya dari jalur independen. Sebelumnya, pasangan independen Faisal Basri-Biem Benjamin mendaftarkan diri pada Selasa, 13 Maret 2012.  

Sementara itu, pasangan bakal calon dari partai politik hingga kini belum ada yang mendaftar. Pendaftaran dibuka oleh KPU DKI dari 13-19 Maret 2012.



• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar