Senin, 05 Maret 2012

Demokrat: Cagub DKI Otoritas Majelis Tinggi

VIVAnews - Partai Demokrat belum memutuskan calon yang akan diusung pada Pemilihan Umum Kepala Daerah DKI Jakarta 2012.

Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat, Saan Mustopa, menegaskan, yang berwenang memutuskan siapa calon gubernur DKI Jakarta dari partainya adalah forum Majelis Tinggi.

"Karena itu kan wilayahnya majelis tinggi. Itu otoritasnya majelis tinggi," ujar Saan dalam perbincangan dengan VIVAnews, Senin 5 Maret 2012.

Namun Saan menyatakan, siapapun yang diusung oleh Majelis Tinggi, pasti dipatuhi oleh semua elemen partainya.

Majelis tinggi di Partai Demokrat sendiri terdapat 9 orang yang terdiri dari unsur Dewan Pembina dan pengurus DPP. 

"Di situ ada Pak SBY, Pak Marzuki, Andi Mallarangeng, Amir Syamsuddin, ketua umum, sekjen, wakil ketua umum, direktur eksekutif," jelasnya.

Melihat unsur yang ada dalam Majelis Tinggi tersebut, menurut Saan, calon gubernur DKI Jakarta yang akan diusung partainya nanti pasti mendapat dukungan solid.

Sebab, semua aspek tentang calon yang bersangkutan bakal dipertimbangkan dalam rapat Majelis Tinggi tersebut. Terutama survei bakal calon yang beredar di publik.

"Semua faktor akan dibicarakan secara rasional di majelis tinggi. Jadi tidak ada istilahnya dukung mendukung. Semua faktor, baik survei, aspirasi, tentu akan disampaikan dalam rapat majelis tinggi," ujarnya.

Sebelumnya, anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Achmad Mubarok, mengeluarkan pernyataan bahwa Foke sudah mendapat dukungan dari SBY menjadi Gubernur Jakarta periode mendatang.

Menurut Mubarok, ada dua alasan kuat dibalik dukungan SBY terhadap Fauzi Bowo. Selain kader, Foke juga anggota Dewan Pembina Partai Demokrat.

"Selain itu, hasil survei internal partai maupun eksternal menunjukkan perolehan suara Foke cukup tinggi," katanya. Karena itu, Demokrat akan membangun koalisi dengan partai-partai lain untuk mengusung Fauzi Bowo, karena mereka tidak bisa mengajukan Foke seorang diri.

Sikap Dewan Pembina yang mendukung Foke bertolak belakang dengan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum. Dalam acara pelantikan Dewan Pengurus Cabang Demokrat DKI di Monas, Sabtu, 3 Maret 2012, Anas terang-terangan mendukung Nachrowi Ramli sebagai cagub DKI Jakarta.

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar