Jumat, 09 Maret 2012

Gerindra Dekati Foke Menuju DKI 1

VIVAnews - Pasca ditinggal oleh Nono Sampono yang memilih pinangan Partai Golkar, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra DKI Jakarta memutuskan mendukung Fauzi Bowo menuju kursi DKI 1. Keputusan ini sudah mendapat dukungan dari Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra.

Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta, M Taufik, mengatakan partainya menyesalkan keputusan Nono Sampono yang terkesan begitu cepat dan terburu-buru.

"Nono Sampono pamit kepada kami jam 4 sore melalui telepon, dia bilang dipinang Aburizal Bakrie ke Golkar untuk jadi wakil gubernur," kata Taufik dalam jumpa pers di kantor DPD Gerindra DKI Jakarta, Benhill, Jakarta Pusat, Jumat, 9 Maret 2012.

Taufik menuturkan Gerindra menyayangkan keputusan Nono yang bersedia menerima tawaran sebagai wakil gubernur. "Gerindra sangat menyayangkan kepergian Nono, karena buat kami Nono figur yang cerdas untuk kapasitas gubernur, bukan level wagub. Ketika Nono memilih jadi wagub kami kecewa. Tapi itu hak politik Nono," ungkapnya.

Menurut Taufik, saat itu Nono mengatakan masih berharap didukung oleh Gerindra. Namun, sesuai mekanisme dan prosedur yang berlaku di partai, kata Taufik, hal itu tak dapat dilakukan Gerindra.

"Malamnya kami rapat dan kami putuskan DPD Gerindra DKI dengan surat nomor 004/X/DPD Gerindra/III/2012 memutuskan bahwa Gerindra mengusulkan Fauzi Bowo menjadi calon gubernur DKI Jakarta 2012-2017," ujarnya.

Dukungan yang diberikan Gerindra kepada Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, kata Taufik bukanlah tanpa syarat. Dua komitmen yang harus dijalankan Foke apabila menjadi calon gubernur yakni harus memperkuat program gerakan kemiskinan dan gerakan ekonomi kerakyatan.

"Kami segera berkomunikasi dengan Fauzi Bowo dalam waktu dekat, kemungkinan dalam satu hari ke depan," tuturnya.

Pilihan Gerindra jatuh kepada calon incumbent karena selain Foke sudah menguasai permasalahan ibukota, dia pun sudah didukung sejumlah partai lainnya.

"Yang kami dengar, PAN semalam sepakat mendukung Foke juga. PDI-P saya dengar sudah ke Foke juga. Jadi Gerindra sepakat mendukung Foke," tandasnya. (eh)

 

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar