Senin, 05 Maret 2012

Sutan: Dukungan SBY Belum Menjamin Foke Maju

VIVAnews - Partai Demokrat belum memutuskan untuk menetapkan calon mereka untuk maju dalam pertarungan Pemilihan Umum Kepala Daerah DKI Jakarta 2012. Dua calon kuat mereka, Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli masih disurvei.

Menurut Wakil Ketua Fraksi Partai Demokrat, Sutan Bhatoegana, belum ada keputusan resmi mengenai siapa calon yang akan maju memperebutkan kursi DKI 1. "Antara Foke atau Nachrowi. Demokrat selalu melempar polling, dan siapa yang paling besar," katanya.

Sementara mengenai pernyataan yang menjelaskan bahwa Fauzi Bowo sudah mendapat dukungan dari Dewan Pembina Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, Sutan belum bisa menjamin.

"Bisa saja kalau memang Foke dapat restu. Tapi kan dari Tim 9 belum ada keputusan," katanya.

Sutan juga membenarkan bila Foke sudah dipanggil untuk menghadap SBY. Hal itu terkait dukungan untuk Foke maju lagi mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta periode mendatang.

"Surat dari Tim 9 belum ada. Tapi,  kalau secara lisan kan boleh-boleh saja. Ini kita bicara resmi atau tidak kan," katanya.

Ditambahkan Sutan, dirinya tidak mempermasalahkan klaim Foke yang sudah mendapat dukungan dari SBY. Karena target partai adalah memenangkan pemilihan. Demikian juga mengenai popularitas Foke yang masih sangat tinggi.

"Coba saja bandingkan. Foke itu anak Betawi asli, suka atau tidak suka, publik pasti masih lihat kan," katanya.

Sebelumnya, anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Achmad Mubarok, mengeluarkan pernyataan bahwa Foke sudah mendapat dukungan dari SBY menjadi Gubernur Jakarta periode mendatang.

Menurut Mubarok, ada dua alasan kuat dibalik dukungan SBY terhadap Fauzi Bowo. Selain kader, Foke juga anggota Dewan Pembina Partai Demokrat.

"Selain itu, hasil survei internal partai maupun eksternal menunjukkan perolehan suara Foke cukup tinggi," katanya. Karena itu, Demokrat akan membangun koalisi dengan partai-partai lain untuk mengusung Fauzi Bowo, karena mereka tidak bisa mengajukan Foke seorang diri. 

Sikap Dewan Pembina yang mendukung Foke bertolak belakang dengan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum. Dalam acara pelantikan Dewan Pengurus Cabang Demokrat DKI di Monas, Sabtu, 3 Maret 2012, Anas terang-terangan mendukung Nachrowi Ramli sebagai cagub DKI Jakarta. (hp).

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar