Sabtu, 17 Maret 2012

Usung Cagub DKI, Demokrat Cari Koalisi

VIVAnews - Partai Demokrat yang memiliki modal 32 kursi di DPRD DKI Jakarta sebenarnya bisa mengusung pasangan kandidat calon gubernur-wakil gubernur sendiri. Tetapi, Demokrat memutuskan untuk menggandeng partai lain.

"Partai Demokrat akan berkoalisi dengan partai lain," kata Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum usai memimpin rapat Fraksi Demokrat di gedung DPR, Jakarta, Jumat 16 Maret 2012.

Syarat minimal bagi partai politik untuk mengusung sendiri kandidatnya dalam Pilkada DKI adalah memiliki 14 kursi di DPRD. Periode lalu, Demokrat mengusung Fauzi Bowo yang kini calon incumbent sekaligus anggota Dewan Pembina Partai Demokrat.

Meski begitu, Anas masih menutup rapat siapa calon Demokrat yang akan diusung nanti. "Partai Demokrat akan daftar nanti pada hari terakhir. Calonnya akan diumumkan," ujar Anas. Hari terakhir pendaftaran Pilkada DKI jatuh pada 19 Maret 2012.

Kandidat dari Demokrat sempat menjadi perhatian. Karena, Anas pernah menyebut mendukung penuh Ketua Demokrat DKI Nachrowi Ramli. Belakangan, Fauzi Bowo mengklaim telah didukung Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono untuk maju.

Menurut Anas, pasangan calon dari Demokrat dengan partai koalisi nantinya merupakan pencerminkan hasil koalisi. "Pasangan calonnya adalah kombinasi yang terbaik untuk Jakarta," ujar Anas.

Saat ini, sejumlah partai sudah terang-terang mengusung kandidat. Golkar, PPP, dan PDS mengusung Alex Noerdin dan Nono Sampono. PDI Perjuangan masih "malu-malu" usung Joko Widodo. PKS mengusung Triwisaksana tetapi belum pasti untuk kursi calon gubernur atau wakil gubernur. (eh)

 



• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar