Rabu, 28 Desember 2011

Taman Parkir Bertingkat Ragunan Diresmikan

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, meresmikan taman parkir (Park and Ride) berbayar yang berlokasi di halte busway koridor VI jurusan Ragunan-Dukuh atas.

"Taman parkir Ragunan akan beroperasi setelah diresmikan oleh Gubernur bersamaan dengan pelaksanaan peluncuran Busway Koridor XI siang ini," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, di kantor Walikota Jakarta Timur, Rabu 28 Desember 2011.

Ia mengatakan taman parkir ini terdiri dari bangunan parkir dua lantai dengan sistem bongkar pasang (knock down system) yang memanfaatkan teknologi dari Jepang.

Taman parkir yang terdiri dari tiga lantai dengan luas 1.072 meter ini, mampu menampung sebanyak 91 mobil dan 100 unit motor.

"Kapasitas parkir lantai dasar sebanyak 35 mobil, lantai satu 27 mobil, kapasitas lantai dua 29 mobil, dan mampu menampung motor sebanyak 100 unit," ucap Pristono. "Taman parkir ini juga beroperasi selama 24 jam."

Adapun tarif yang dikenakan untuk mobil sebesar Rp3000 untuk jam pertama dan Rp 1.500 untuk jam berikutnya. Sedangkan sepeda motor Rp. 750 perjam.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, berharap dengan diresmikannya taman parkir Ragunan, dapat memeberikan pilihan bagi masyarakat terhadap moda transportasi massal.

"Saya yakin banyak manfaatnya. Masyarakat bisa memarkir kendaraan kemudian naik Busway. Saya harap taman parkir ini digunakan oleh masyarakat yang menjadi satu dengan sistem layanan umum jakarta," ujar Fauzi.

"Insya Allah dalam waktu singkat akan jadi satu paket yang terintegrasi."

Fauzi Bowo menjelaskan saat ini warga Jakarta semakin cerdas dalam memilih moda trasportasi yang aman dan nyaman. "Sekarang ada sistem monitor koridor busway. Kalau bus on time maka masyarakat akan menggunakan jasa itu.

Kalau tidak konsisiten, warga akan gunakan kendaraan mereka masing- masing ke tempat aktivitas mereka," katanya. (eh)

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar