Selasa, 13 Maret 2012

Belum Ada Calon dari Partai Daftar ke KPU DKI

VIVAnews - Meski beberapa partai politik telah mendeklarasikan pasangan mereka yang akan diusung pada Pemilukada DKI Jakarta 2012, namun pada pembukaan pendaftaran di kantor KPU DKI Jakarta hari ini, belum satu pun calon dari partai yang mendaftar.

Ketika dikonfirmasi, menurut Ketua Pemenangan Pemilu Jawa 1 DPP Partai Golkar, Ade Komarudin, pasangan Alex Noerdin dan Nono Sampono yang diusung Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Damai Sejahtera (PDS), baru akan mendaftar pekan ini.

"Rencananya hari Minggu, 18 Maret 2012 akan mendaftar," kata Ade Komarudin, di Jakarta, Selasa, 13 Maret 2012.

Ditambahkan Ade, pihaknya sedang mempersiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan untuk mendaftar. Salah satunya adalah surat pemberitahuan kepada Presiden melalui Mendagri untuk gubernur dan wakil gubernur yang mencalonkan diri. Mengingat Alex Noerdin saat ini masih menjabat sebagai Gubernur Sumatera Selatan.

"Semua persyaratan sedang kita siapkan," ujarnya.

Dari catatan KPU Provinsi DKI Jakarta, setidaknya ada 31 item persyaratan yang harus dilengkapi cagub dan cawagub DKI Jakarta. Namun tidak semua syarat harus dipenuhi pasangan calon. Seperti surat kesanggupan pengunduran diri dari DPRD, surat pernyataan kesangguapan mengundurkan diri dari swasta, PNS atau BUMD.

Persyaratannya disesuaikan dengan calon yang mendaftar. Jika calon adalah anggota DPRD maka harus melengkapi surat pengunduran diri menjadi anggota DPRD.

"Tapi jika bukan ya tidak perlu melengkapinya," kata Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta, Juri Ardiantoro.

Pendaftaran cagub dan cawagub DKI Jakarta dibuka selama satu pekan hingga 19 Maret mendatang. KPU membuka pendaftaran mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.

"Hingga saat ini baru pasangan Faisal-Biem saja yang mendaftar. Belum ada yang lainnya," katanya. (eh)

 

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar