Sabtu, 10 Maret 2012

Max-Demokrat: Wajar Jika Foke Percaya Diri

VIVAnews - Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat Max Sopacua mengatakan partainya belum memutuskan calon yang akan diusug dalam Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta, Juli 2012 mendatang. Nama-nama itu masih dibicarakan oleh Majelis Tinggi Partai.

"Mungkin hari Senin atau Selasa besok sudah diumumkan," ujar Max saat berbincang dengan VIVAnews, Sabtu 10 Maret 2012.

Menurut dia, Demokrat memiliki 32 kursi di DPRD DKI sehingga tak perlu melakukan koalisi untuk mengajukan calon. Sebab, syarat partai untuk mengajukan calon gubernur dalam pilkada mendatang minimal memiliki 15 kursi di DPRD. Demokrat, tak kesulitan menentukan calon.

"Artinya bisa saja calon itu dari internal atau koalisi. Namun calon itu harus ada kajian yang sistematik, sifatnya ilmiah, dan berdasarkan elektabilitas di lapangan," kata Max.

Jika Demokrat memutuskan berkoalisi, maka pertimbangan utamanya tetap pada tingkat elektabilitas calon yang akan diusung. Tidak harus calon yang ditawarkan oleh partai peserta koalisi tersebut.

"Tidak semata dari koalisi kalau memang tidak menolong di segi elektabilitas," kata Max. "Jadi, kita lihat dulu aspek yang menyangkut keberadaan calon itu. Orang mau maju kan untuk menang, bukan untuk sekedar rame-rame."

Demokrat, tambah dia, tetap percaya diri mengajukan calon gubernurnya meski ada calon-calon partai lain yang mendapat penilaian positif. "Tidak ada urusan bagi kami. Kami harus percaya diri. Kalau tidak percaya diri ya tidak usah jadi partai politik, dong," ujar Max.

Dukung Foke?

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo disebut-sebut menjadi salah satu kandidat yang akan diajukan oleh Demokrat. Bahkan, dengan percaya diri, Foke-begitu dia disapa-mengklaim telah mendapat dukungan dari Ketua Dewan Pembina Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono.

Menanggapi hal itu, Max kembali menegaskan partainya belum menentukan calon. "Secara resmi kan kami belum ada surat yang menyatakan siapa calon itu," kata Max.

Max mengatakan wajar saja jika Foke sangat percaya diri mendapat dukungan Demokrat dan sukses dalam pemilu mendatang. "Kalau memang dia merasa percaya diri, saya pikir wajar saja. Hasil poling-nya tertinggi sekarang," kata dia. (kd)

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar